Kamis, 06 September 2012

Cara Merawat Burung Merpati

 CARA MERAWAT:
ini hanya sekedar berbagi pengalaman dimana saya merawat merpati sehari-hari, secara rutin burung tiap pagi apabila cuaca baik (matahari terang) burung pasti saya jemur kira2 1- 2 jam, jika matahari sangat panas kita kasih lap basah kemudian masuk kandang sudah tersedia minum tanpa makanan
Kira2 jam 3 sore burung2 yang akan dimainin sudah keluar.
Untuk makanan :
1. Burung yang sedang dimaiin (karena kondisi giring) biasanya males makan, saya bantu spet pakai bubur bayi, kemudian kasih suplement Celovit-B
2.Untuk burung2 yang istirahat seperti biasa kasih makan jagung secukupnya ditambah beras merah dan tiap 3 hari sekali saya kasih madu
3.Kalau burung yang sedang ngeloloh selalu saya kasih makan extra sampai bosen
4.Setiap malem untuk burung2 yang sedang main saya kawinkan sambil melihat kondisinya

Sekali lagi ini juga hal yang saya lakukan dalam melatih burung:
Untuk burung piyikan saya selalu melatih terbang sendiri sampai kira2 sejauh 1 Km untuk mencapai jarak ini kira2 2 giringan, setelah itu saya pakai gandengan.
Kalau untuk burung yang sudah mentok, biasanya giringan awal burung saya lop sendiri2 pas giringan sudah bagus baru saya gandeng dengan lepasan mentok

Memang kata temen2 saya penakut bermain burung, tetapi saya punya pedoman dalam bermain biasanya saya patok 1Km =2 giringan, tapi ya kita tetap melihat kondisi burung dan tingkat kecerdasan serta pertimbangan cuaca.
Mungkin ini pengalaman saya , bukan merupakan patokan secara umum dan benar, hanya berbagi pengalaman


contoh merpati yang baik:
  


1.Pilih warna megan teles, jgn ada warna putih dipunggung, pilih muka sangar tatapan mata tajam.
2.Indukan yg bagus untuk ternak indukan yg pernah juara atau kualitas terbang,turun,style dan karakter mentalnya bagus dan pasangan betina juga yg bagus.
3.Piyik patekan bisa disebabkan kurang kebersihan krn kandang dan makanan kotor.
4.Penyakit goam memang sulit disembuhkan, coba dgn biang asem.Biasanya kalau pertama kali kita beli brg dr pasar apalagi baru datang dr jawa (besekan), setelah dirumah istirahatkan dikasih minum air campur garam.
5.Suplemen bisa dgn racikan jamu atau bcomplek dan capsul minyak ikan. Stress kenapa? apa cacingan?
6.Betina agar produktif bertelur beli dipsr brg suplemen namanya canary post untuk produktifitas daya telur merpati bentuk serbuk kuning bungkus sachet. Atau coba ganti psgan jantan lain, kalau memang tdk mau bisajadi betina mandul
7.selain itu kita juga harus menjaga kebersihan kandang merpati.


merpati balap dijadikan tinggian sdh ada pengalaman malah merpati tsb juara. Coba cari merpati balap yg gagal (terbang agak tinggi) atau silangan merpati balap x tinggian lalu di latih dgn gandengan merpati tinggi yg terbang muter2 lalu tinggi. Kalau merpati balap tsb mao gandeng dgn merpati tinggi besar kemungkinan merpati balap tsb bisa jadi bagus
Utk sayap patah coba kasih tumbukan sereh dan jahe lalu dibalut sayapnya, kalo patahnya parah kemungkinan susah sembuh.
1. model selar sayap lebar, rapat dan ujung membulat

Untuk menggiringkan merpati pada dasarnya sama nih sama yang diinformasikan- Untuk merpati yang mau dijodohkan kalau bisa pilih perempuan warnanya yang bener-bener disukainya, ada yang bilang warnanya sama seperti induknya (yang ngeloloh), kalo gak ya dilihat merpati warna apa yang sering di gerukin/bekurin - Merpati yg sudah jodoh bila sudah mulai giring, dilatih agar bisa mengenali dengan tepat istrinya.. bisa dengan melatih naik turun kurungan.. kalau tidak paham paham thdp ceweknya biarpun udah bertelur beberapa kali berarti memang ada kelainan.. mungkin merpati itu mines kali matanya ya.. jd harus pake kacamata... hehehee..- Merpati bisa dikasih jamu-jamu tradisional biar stamina kuat.. misal jamu dari daun pepaya, kencur, jahe, kunci, rumput teki, madu, kuning telor ditumbuk sari diambil atau dibuat glintiran..Kalo stamina kuat sehingga burung menjadi lebih bergairah... ntar burung kawin melulu.. jadi cepet nelur.. giringnya akan semakin bagus..- Jangan lupa merpati kawinnya harus teratur setiap harinya.. bisa dikawinkan waktu malam hari... nelor jadi teratur... kemudian merpati yang sudah menelor, paling tidak telor dierami selama 7 hari..- Saat giring merpati sebaiknya temennya banyak juga yang giring.. jadi saat mau dilatih disitu ada beberapa merpati yang giring sehingga para merpati saling panas/bersaing mengejar perempuannya. ..- Merpati juga sering diumbar terutama kalau sewaktu nelor dan abis bongkar biar tidak stres...
Makannan yang baik untuk burung merpati
1 Gabah beras biasa atau gabah beras merah. 2. Kacang hijau 3. Pour (sentrat)

1. Model Jagung Model jagung ada 3 katagori sbb: A). Jagung biasa. Jagung biasa itu mempunyai bentuknya agak bulet2 dan biasanya butiranya lebih besar. Biasanya dipakai utk campuran makanan ayam atau bebek, dan umum juga dipakai untuk membuat jagung pecah (ini paling murah harganya) kalau kepepet boleh lah. B). Jagung super. Jagung super bentuknya sama, tetapi lebih kecil/mungkin telah disortir dan lebih bersih,tapi ukurannya sedikit lebih merata dan ada dua warna putih dan kuning kemerahan atau merah tua. Sebaiknya di cuci dan dijemur dulu sebelum dipakai (ini harganya diatas harga jagung biasa). C). Jagung kristal. Jagung kristal bentuknya cenderung segitiga seperti kristal dan kecil-kecil, bentuknya seperti biji timun, berwarna orange, bersih dan mengkilat. Meskipun begitu perlu di cuci dan jemur juga, sebenarnya di tampi saja sudah cukup. Jagung kristal ini sepertinya yang paling layak terutama bagi penghobi serius (ini harganya diatas jagung super).Sayangnya,burung kalau udah makan jagung kristal, ga mau makan jagung super apalagi yg biasa. Merepotkan kalau pas lagi bokek ga punya duit. huehehehe... .
Mengatasi Kutil/Bisul Beberapa merpati saya terserang kutil / bisul bagaimana carapengobatannya? Maksudnya kutil/bisul itu yg biasa disebut patekan bukan..??Seperti luka dan bengkak di bagian2 burung yg tidak ditumbuhin bulu(kaki,muka) dan biasanya ada warna kuningnya..? ?Biasanya penyebabnya karena kandang kurang bersih dgn kotoran2 burung dankurangnya sinar matahari (lembab). Jadi kumannya bisa berkembang hidup, (ini disebabkan oleh mikro organisme)Pemcegahannya kandang selalu dibersihkan, kalau perlu dicuci tiap pagi dan sore pakaidesinfectan. Tempat bersarang piyik selalu diganti tiap sore, walau begitu piyik tetap sajarawan terserang patek...setelah dibersihkan kandang terus dijemur dan diletakan padatempat yang terkena sinar matahari.Kandang disemprot dengan disinfectan berbahan aktif Iodine (Yodium)krn kuman ini sgt sensitive terhadap YodiumSolusi yg tepat utk penyakit ini adalah :Dengan cara burung dijemur, biar luka kering setelah, Setelah luka benar2 kering, barudikupas dan dibuang 'isinya', kemudian terus diolesin dgn yodium/atau yg berbahan yodium.Jenisnya yodium (betadine, tie ta yao gin, abotyl, dll)Alternatif lain dikasih makanDiloloh buntut cecak dewasa atau anak cecak yg kira2gedenya sebuntut cecak dewasa ya dilolohkan aja tp kepalanya dbuangdulu. biasanya selang beberapa hari kutil/patek- nya rontok sendiri
Mengobati Cacingan Bagaimana mengatasi merpati yang cacingan, yang aman dan manjur ?selama ini pake combantrin 250mg satu ekor dpt separo tapblet kok kurang manjur.padahal sebelum dikasih combantrin itu burung udah dipuasain sejak pagi. sekitar jam 11 siang dloloh obat itu trus baru, dikasih makan jagung sekitar jam 2an. Hasilnya sih beberapa hari kemudian (blum sampe seminggu) masih ada tanda2 cacing d kotorannya.Pake obat apa ya yang lebih baik dan tuntas gitu?Solusi lainnyacombantrin sudah bagus untuk obat, hanyapemberiannya bagus kalau teratur tiap 3 bulan sekali.Apabila sudah terlanjur atau terlambat truskondisi burung kurus banget, bisa pake vermox.vermok yang beredar di pasaran kalo g salah 500mg,so..pemberiannya kurang lebih 7mg/burung, repot kan!ada juga yang tradisional. .pake buah jambe ato pinang..di buang kulit buahnya kemudian bijinya di tumbuk,karena ada getahnya yang lengket, pemberiannya dipilin sebesarbiji jagung celupin minyak goreng trus dilolohkan, jemur dan jangan lupa di kasihminum..tgu aja cacingnya kalo mo pake umpan mincingPake combantrin udah cukup koq... Sy biasa pakai yg 125mg dibagi 4.Diberikan pagi hari dan dispet minum air hangat 5-6ml.Kalau memang cacingan, 30menit cacing langsung keluar.Lalu, 2 minggu kemudian dikasih lagi. Pertimbangannya, pada pemberian pertama yg keluar cacing2nya. Telurnya masih tersisa didalam. Diperkirakan 2 minggu kemudian telur didalam tubuh sudah menetas, sehingga perlu dikasih ulang.Selanjutnya cukup 4 bulan sekali dgn pola spt diatas.Mas ada obat cacing yang sangat sangat manjur bikinan dari vetapam, berwarna biru, diberi sore hari satu, kemudian paginya satu. Burung tak perlu dipuasain, bahkan burung giringpun boleh diberikan.obat cacing warna biru dari vetafarm namanya adalah Wourmout PlusObat cacing dari vetafarm ini biasa diberikan 2 hari berturut-turut, tetapi biasa saya sih kasih antara jam 9 -10 pagi... (hari 1 n hari 2)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar